Advertisement

Penyebab bibir sering bengkak

Posted By sinopsis on Thursday 22 December 2016 | 13:34

Bibir bengkak merupakan kondisi yang bisa merusak penampilan seseorang, ini juga tak jarang begitu menyakitkan. Bagaimanapun konidisinya itu akan sesuai dengan penyebab bibir bengkak itu sendiri, ada diantaranya yang merupakan masalah ringan namun ada juga penyebab yang begitu serius sehingga mengancam nyawa.
Dalam bahasa medis bibir bengkak disebut dengan
Edema Bibir atau Edema Labialis , adalah ketika salah satu atau kedua bibir menjadi membesar atau gembung di luar ukuran normal. Pembengkakan pada bibir yang terjadi disebabkan oleh penumpukan cairan, atau peradangan di dalam jaringan bibir.
Penyebab Bibir Bengkak
Bibir bengkak mungkin memiliki berbagai penyebab yang berbeda, mulai dari kondisi ringan sampai gangguan yang lebih serius, termasuk infeksi, alergi, peradangan, cedera/luka, obat-obatan atau penyakit tertentu.
Alergi
Reaksi alergi bisa menyebabkan bibir bengkak, biasanya muncul setelah seseorang terpapar dengan zat yang menyebabkan alergi (alergen), baik melalui mulut (makanan dan minuman), kontak atau sentuhan langsung pada bibir, atau melalui udara yang dihirup. Ini merupakan penyebab bibir bengkak yang sering terjadi.
Alergen dapat berupa makanan seperti seafood, ikan, susu, kacang-kacangan dan lain-lain. Bisa juga karena gigitan serangga, bulu hewan, serbuk sari, dan obat-obatan tertentu (baca: Alergi Obat ). Jadi ketika bibir bengkak muncul setelah terpapar alergen maka curigai hal itu sebagai penyebabnya.
Cedera
Penyebab bibir bengkak yang satu ini mudah dikenali, yaitu muncul setelah terjadinya trauma pada bibir baik brupa benturan, atau luka akibat tergigit atau karena behel (kawat gigi). Tak jarang disertai dengan luka yang berdarah dan mungkin risiko terjadinya infeksi, untuk itu apabila sampai berdarah banyak maka sebaiknya segera mencari pertolongan medis.
Infeksi
Beberapa jenis infeksi terutama pada gusi dan sekitar gigi bisa menyebabkan bibir bengkak. Pembengkakan dimulai pada gusi, lalu bisa menyebar ke bibir, biasanya sakit gigi juga. Penyebab bibir bengkak lainnya yaitu sariawan pada bibir bagian dalam, apabila itu luas dan parah maka pembengkakan pada bibir bisa saja terjadi.
Penyakit Penyebab Bibir Bengkak
Beberapa penyakit baik lokal pada bibir ataupun yang bersifat umum (sistemik) juga bisa menjadi penyebab bibir bengkak, contohnya sebagai berikut:
Penyakit herpes pada bibir (herpes labialis) – selain bengkak ada juga lepuhan pada kulit sekitar bibir. Baca: Penyakit Herpes
Cheilitis – Sudut bibir pecah-pecah, retak atau luka seperti sariawan akibat kekurangan vitamin B.
Melkersson-Rosenthal syndrome : gangguan neurologis langka.
Kanker bibir terkait dengan paparan sinar matahari berlebih.
Penyakit radang usus (Penyakit Crohn, ulcerative colitis ) dapat menyebabkan bibir bengkak.
1. Sarawan, 2. Herpes, 3. Cheilitis, 4. Bibir kering
Cara Mengatasi Bibir Bengkak
Obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi bibir bengkak dan kondisi yang mendasarinya meliputi:
Antihistamin
Obat anti-inflamasi ( kortikosteroid)
Adrenalin injeksi
(harus dibawah pengawasan dokter)
Cara Alami untuk Mengatasi Bibir Bengkak
Beberapa cara tradisional yang dapat memberikan bantuan untuk mengurangi bibir bengkak antara lain:
Kompres dingin – siapkan serbukan es batu yang dibungkus dengan kain bersih lalu terapkan pada bibir yang bengkak selama 5-10 menit. Ulagi beberapa kali sehari.
Aloe vera (lidah buaya) – tanaman alami ini diklaim mengandung sifat anti-inflamasi. Ambil gel pada lidah buaya lalu terapkan langsung pada bibir yang bengkak, ulangi 2-3 kali sehari.
Teh celup – direndam dalam air hangat dan didinginkan sebelum diterapkan ke bibir. Lakukan 2-3 kali sehari.
Madu – Madu memiliki penyembuhan alami serta sifat antibakteri untuk secara efektif dan cepat mengobati bibir bengkak. Ini akan membuat bibir menjadi lembap, mencegah infeksi dan mengurangi peradangan, pembengkakan dan nyeri. Oleskan madu asli pada bibir biarkan selama 20 menit lalu hapus, ulangi 2-3 kali sehari.
Jika seseorang dengan bibir bengkak mengalami pingsan, napas mengi, atau kesulitan bernapas, maka segeralah bawa ke UGD Rumah Sakit, karena ini merupakan reaksi alergi parah dan mengancam nyawa.
Blog, Updated at: 13:34

0 komentar:

Post a Comment

coba dulu donk